Kampus Zero TB: BCF dan Kadin Indonesia Ajak Perguruan Tinggi serta Mahasiswa Peduli TBC

Sugeng rawuh Meg and Mums di Situs Kami!

Makassar – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional tahun 2023, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Kesehatan Kota Makassar, Yayasan Bakrie Center, Kadin, Dagang Daerah Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Selatan. Yayasan Masyarakat Peduli TB (YAMALI TB) menyelenggarakan edukasi TB dan TBC (TBC) kepada 300 mahasiswa STIK Tamalatea Makassar. Kampus Zero TB: BCF dan Kadin Indonesia Ajak Perguruan Tinggi serta Mahasiswa Peduli TBC

Proyek ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk mengakhiri TBC di Indonesia yang diprakarsai oleh Yayasan Bakrie Center dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia. Dalam acara tersebut, Ishaq Iskandar, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, turut serta dalam pencanangan “Kampus Nol TBC”.

STIK Tamalatea Makassar merupakan perguruan tinggi pertama di Sulawesi Selatan yang mendedikasikan dirinya untuk menyelesaikan masalah TBC sebagai prioritas dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pecah Rekor MURI, 200 Mahasiswa UMSU Berpartisipasi Tarian Massal Adira Festival

“Kami mengapresiasi kerja BCF dan Kadin Indonesia yang membawa isu TBC ke perguruan tinggi dan universitas. Melalui kegiatan edukasi TBC dan kegiatan tes STIK Tamalatea Makassar kepada 300 mahasiswa, hal (penting) ini akan kami lanjutkan. kolaborasi, Mengangkat isu TBC sebagai bagian dari penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” jelas Manajer STIK Tamalatea Makassar, Rahmawati.

Saat ini jumlah kasus baru tuberkulosis (TBC) di Indonesia diperkirakan mencapai satu juta (969.000). Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, cakupan pengobatan telah mencapai 59% hingga Oktober 2023, yang berarti 41% pasien tidak terdiagnosis dan diobati dan dapat menjadi sumber penularan TBC. konglomerat.

Di Kota Makassar, target pasien TBC pada tahun 2023 sebanyak 14.898 pasien. Di tingkat provinsi, target deteksi kasus aktif sebanyak 47.075 kasus.

Namun pada Oktober 2023, terdapat 21.667 kasus. Dengan adanya skrining TBC pada pelajar diharapkan dapat mencapai target deteksi TBC.

“Upaya pemberantasan TBC terus dilakukan melalui upaya preventif, deteksi kasus, aktif dan laten, penyakit dan pengobatan. Saya berharap upaya bersama antara BCF dan perguruan tinggi dapat membantu mencapai tujuan pemberantasan TBC di Sulawesi Selatan. ,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Tuberkulosis merupakan penyakit yang mendapat stigma, sehingga proses edukasi dan skrining TBC dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif seperti melakukan sesi permainan edukasi. Membuat siswa tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang TBC.

Pelatihan dilakukan dengan staf Yayasan Komunitas TBC Peduli Sulawesi Selatan (YAMALI) berdiskusi dengan para siswa dalam format focus group.

“Pelajar merupakan saluran komunikasi yang baik untuk menyebarkan informasi akurat tentang TBC. “Saat ini banyak terjadi miskonsepsi dalam menyikapi masalah TBC di masyarakat, stigma dan diskriminasi membuat masyarakat tidak bisa mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan, mencegah dan mengobati TBC.” dia berkata Waode Rizky, Kepala Humas Yayasan Bakrie Center. . Kampus Zero TB: BCF dan Kadin Indonesia Ajak Perguruan Tinggi serta Mahasiswa Peduli TBC

Program pemberantasan TBC nasional bersama dilaksanakan di 6 provinsi: Sumatera Utara, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Melalui proyek ini, BCF dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia mendorong organisasi regional untuk meningkatkan kerja sama dalam isu TBC di Indonesia.

Baca artikel edukasi menarik dari link ini. Jelang pemilu, aliansi BEM Sumut dan Riau mengingatkan masyarakat untuk tidak memilih. .co.id 13 Februari 2024