Ahli Kesehatan Anak Kemukakan Penyebab Anak tidak Mau Makan

Wecome Meg and Mums di Website Kami!

Meg and Mums, JAKARTA – Pakar kesehatan anak dr Ai Gusti Ayu Nyuman Partiwi menjelaskan penyebab anak enggan makan atau hanya ingin mengonsumsi jenis makanan tertentu. Ahli Kesehatan Anak Kemukakan Penyebab Anak tidak Mau Makan

“Yang sering kita lihat, anak-anak yang kesulitan makan juga sama. Membuat anak jatuh cinta dengan rasa suatu makanan,” ujarnya dalam diskusi MPASI online dalam rangka Hari Gizi Nasional. Jakarta, Rabu (24 Januari 2024). CISDI Sayangkan Isu Kesehatan di Debat Capres Terakhir Belum Menyentuh Akar Permasalahan

Partioi mengatakan, kebiasaan memberi anak jenis makanan tertentu dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan anak enggan mengonsumsi jenis makanan baru, atau menjadi picky eater dan ingin makan dalam jumlah lebih sedikit atau lebih sedikit.

Untuk itu, ia berpesan agar para ibu lebih berani dan kreatif dalam menyiapkan makanan untuk bayinya, terutama saat bayi berusia 6 hingga 23 bulan atau sedang mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI).

Menurutnya, pada masa ini, anak-anak mengalami masa sulit dalam belajar dan mengeksplorasi berbagai jenis makanan. “Karena memang kalau bayinya sudah berumur enam bulan, semuanya bisa diberikan. Ya, aku akan memberinya makanan yang dimakan ibunya, kalau sesuai dengan takaran yang dibutuhkan bayinya, mungkin. Jadi tidak perlu.” khawatir, apalagi kalau bayi, kita lihat bayinya susah makan, dan itu normal, kata Partioi.

Selain jenis makanannya, pentingnya protein nabati dan hewani dalam makanan yang dikonsumsi untuk pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal juga ditekankan.

Senada dengan hal tersebut, Mahmud Fuzi, Ketua Kelompok Kerja Standar Kecukupan Gizi, Mutu Gizi, dan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Kementerian Kesehatan RI (Kemengkes), mengatakan kombinasi protein hewani dan nabati merupakan hal yang penting. pertumbuhan dan perkembangan anak.

Fawzi mengatakan: “Untuk komposisi makanan yang dikonsumsi, kita harapkan untuk anak dibawah lima tahun, karena mereka sekarang sedang dalam masa tumbuh kembang, terutama antara usia 6-23 bulan, dan diharapkan mendapat manfaat. protein.” Ahli Kesehatan Anak Kemukakan Penyebab Anak tidak Mau Makan

Selain kedua jenis protein tersebut, buah-buahan juga dikatakan bisa diberikan pada anak usia tersebut untuk menambah nafsu makannya. Ia mengatakan: “Karena seperti yang kita ketahui, ada makanan yang merupakan sumber bahan energi, ada yang merupakan sumber bahan penyusun yang biasa disebut protein, dan ada pula yang merupakan bahan pengatur dari sumber tumbuhan dan buah-buahan.”